Menghindari Penipuan Berkedok Toko Elektronik Online

Perkembangan toko-toko online di Indonesia nampaknya makin berkembang pesat. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa toko online sendiri memberikan kemudahan untuk para konsumennya.

Menghindari Penipuan Berkedok Toko Elektronik Online
Menghindari Penipuan Berkedok Toko Elektronik Online

Bayangkan saja, anda dapat memesan barang yang anda suka hanya melalui jaringan internet. Pilihan barang-barang yang terdapat di toko online pun makin beragam, contohnya saja seperti elektronik, buku, fashion, furniture, kebutuhan rumah tangga, dan masih banyak lagi.


Baca Juga : Ciri-Ciri Bisnis Online Terpercaya Untuk Di Ikuti

 

Namun, kesempatan ini juga tidak luput dari penyalahgunaan. Banyak pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengatas namakan dan menyalah gunakan toko online, terutama toko elektronik online untuk modus kejahatan.


Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa tips menghindari penipuan berkedok toko elektronik online.


1. Setiap toko elektronik online memiliki caranya sendiri-sendiri agar dapat menarik pelanggan


Salah satunya dengan promo dan juga diskon. Namun, anda juga harus berhati-hati terhadap barang elektronik murah yang di tawarkan di toko elektronik online. Coba anda melakukan pencarian mengenai harga kisaran produk yang anda ingin beli. Jika harga kisaran dengan harga yang ditawarkan di elektronik online berbeda jauh atau lebih dari 50% harga normalnya, anda patut mencurigai toko elektronik online tersebut.


Baca Juga : 5 Keuntungan Berbisnis Pulsa Online

 

2. Selidiki profil lengkap toko elektronik online yang anda tuju


Misalnya, nama si pemilik, alamat, nomor telepon, dan yang lainnya. Lakukan penyelidikan sampai sedetail mungkin. Gunakan google untuk mengecek apakah semua data yang anda temukan benar adanya. Lebih bagus lagi jika anda menemukan akun jejaring sosial si pemilik toko elektronik online. Dari akun tersebut, anda dapat mengira-ngira apakah orang tersebut penipu atau bukan.


3. Kebanyakan tindak penipuan berkedok toko elektronik online biasanya menggunakan domain gratis


Tapi, tidak semua toko elektronik online berdomain gratis adalah toko elektronik palsu. Baru-baru ini saja, ada toko elektronik online palsu yang dibuat seprofesional mungkin. Namun, ada cara mudah untuk memeriksa apakah toko elektronik online tersebut palsu atau tidak. Coba buka website www.who.is. Di website ini, terdapat whols domain tool yang melacak informasi tentang domain toko elektronik online yang anda curigai.


4. Pilihlah metode pembayaran yang anda rasa aman. Salah satunya adalah sistem pembayaran COD atau cash on delivery


Dengan sistem pembayaran ini, anda dapat membayar secara langsung saat barang diantar ke tempat anda. Sistem pembayaran ini dapat dibilang aman karena anda dapat dengan langsung memeriksa keadaan dan keaslian elektronik yang anda pesan. Sistem pembayaran lainnya yang dapat anda gunakan adalah kartu kredit. Dengan prosedur penggunaan kartu kredit yang cukup ketat, anda dapat mempercayai toko elektronik online yang menerima pembayaran melalui kartu kredit. 


Namun, sistem pembayaran ini jarang dilakukan di Indonesia. Anda mungkin tidak bisa menghindari sistem pembayaran transfer antar bank, karena kebanyakan toko elektronik online di Indonesia menggunakan sistem ini. Transfer antar bank dapat dibilang mempunyai risiko yang paling tinggi. Jika terjadi penipuan, uang anda dapat dipastikan tidak dapat dikembalikan. Toko elektronik online palsu biasanya menolak sistem pembayaran COD maupun secara kartu kredit.


Baca Juga : Jual Pulsa Online Tanpa Modal Besar? Di Metro Reload Saja!

 

5. Lokasi toko elektronik online tersebut juga patut dicurigai


Usahakan untuk mencari toko elektronik online yang lokasinya dekat dengan anda. Dengan begitu, anda dapat melakukan pembayaran secara COD. Toko elektronik online palsu biasanya menggunakan lokasi Batam pada informasinya. Namun, tidak berarti bahwa seluruh toko elektronik online yang ada di Batam adalah penipu.


Demikian ulasan mengenai beberapa tips menghindari penipuan berkedok toko elektronik online, semoga bisa menambah wawasan kita semua dan dapat memberikan solusi aman untuk berbelanja online, selamat mencoba.

Postingan Terkait

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAHKAN KETIK
MD#NAMA#KOTA

CONTOH:
MD#METRO RELOAD#BEKASI

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
177.823.9999

BNI
802.000.9998

MANDIRI
171.0010.199.993

BANK BRI
004.501.002.258.568

Semua Rek A/N :
CV. METRO PAYMENT INDOTAMA