Tips Menjadi Salesman yang Sukses

 

Tips Menjadi Salesman yang Sukses
Tips Menjadi Salesman yang Sukses

Apa yang akan Anda pikirkan jika mendengar kata “salesman“? Kemungkinan besar dan kebanyakan orang menganggap profesi ini negatif karena hanya bertugas sebagai tenaga penjual saja. Orang-orang pada umumnya menganggap bahwa salesman adalah seseorang yang sering memaksa calon pembeli untuk membeli produk-produk mereka. Maka dari itu, banyak orang yang tidak mau menjadi seorang salesman karena takut dicap negatif. Apalagi jika dihadapkan menjadi seorang salesman yang sukses, apa mungkin?


Namun tahukah Anda bahwa meski salesman sering dicap negatif dan tidak ada orang yang berminat untuk menjadi seorang salesman, justru mereka memegang peran penting untuk kelangsungan sebuah perusahaan. Tanpa ada tenaga penjual, bagaimana mungkin produk sebuah perusahaan bisa laku? Bisa dikatakan bahwa salesman merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah perusahaan.


Baca Juga : Ini 5 Cara Mendapatkan Sponsor untuk Konter, Coba Sekarang!

 

Peluang karir sebagai salesman yang sukses masih terbuka lebar. Namun mari kita mengetahui lebih dulu bahwa sales dan marketing itu berbeda. Marketing berfokus pada peningkatan brand awareness produk atau pun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Sementara itu, sales bertugas sebagai distributor produk dan jasa dari sebuah perusahaan ke konsumen atau pelanggan. Jadi, tanpa adanya tenaga sales maka strategi pemasaran apapun yang digunakan tentu perusahaan tidak mendapat keuntungan.


Walaupun sebenarnya semua profesi tersebut merupakan bagian dari bidang pekerjaan di sebuah perusahaan yang mencakup sales, marketing, finance dan accounting, administrasi, serta teknologi informasi. Nah dari sini kita bisa melihat bahwa sales selalu dibutuhkan karena merupakan elemen pembangun keberhasilan perusahaan. Tanpa sales tentu perusahaan tidak bisa bergerak.


Menjadi Salesman yang Sukses


Dalam bidang tenaga penjualan atau salesman ternyata punya jenjang karir. Inilah yang harusnya menjadi motivasi bagi Anda. Sama halnya dengan pekerjaan lainnya dimana menuntut kita untuk menjadi ‘bawahan’ lebih dulu, begitu juga dengan bidang sales. Jika Anda memang menginginkan peningkatan karir sebagai sales dan menjadi salesman yang sukses, tipsnya adalah cari sertifikasi CPSM atau Certified Professional in Sales Management. Sertifikat ini berfungsi ketika Anda naik jabatan kelak menjadi seorang sales manager.


Anda bisa memerhatikan tips menjadi salesman yang sukses berikut ini juga:


  1. Jenjang karir salesman cukup panjang yakni dimulai: Sales executive, sales supervisor, sales area manager, national sales manager, general manager sales, dan sales director.
  2. Miliki prestasi yang bagus dalam penjualan. Anda bisa memakai sistem B2B (business to business) karena perusahaan biasanya menyukai sales yang bisa seperti ini. Penjualan Anda pun akan bernilai cukup besar.
  3. Agar berhasil dalam sistem penjualan business to business, seorang salesman harus mempunya jaringan kuat dan luas serta mampu mempertahankan karingan klien tersbeut.
  4. Punya jiwa kepemimpinan dan leadership tentu menjadi pertimbangan pihak perusahaan untuk menaikkan posisi Anda. Jadi tidak hanya cukup punya prestasi penjualan yang bagus.


Penghasilan Salesman


Mungkin Anda bertanya-tanya berapa sih penghasilan seorang salesman? Untuk awal memang seorang salesman punya gaji yang tidak jauh berbeda dengan pegawai divisi lainnya, bahkan kadang lebih kecil. Namun, ada satu hal yang patut dipikirkan yakni tantangan kerja yang dimiliki oleh salesman.


Baca Juga : 4 Cara Bisnis Pulsa Online Bikin Sukses


Tantangan inilah yang memberikan penghasilan yang terus bertambah dari waktu ke waktu -jika Anda berhasil menjawabnya. Untuk seorang karyawan sales yang telah berkiprah sekitar 3-5 tahun bisa memperoleh gaji hingga 10 juta rupiah, belum termasuk komisi penjualan.


Sementara itu mereka yang bekerja sebagai salesman yang sukses selama 5-10 tahun bisa mendapatkan gaji sampai dengan 20 juta rupiah. Gaji tersebut biasanya berdasarkan pada prestasi kerja dan pengalamannya. Maka dari itu pula tidak mustahil jika seorang salesman bahkan bisa memperoleh penghasilan hingga miliaran rupiah.

0 Komentar