menu melayang

Kamis, 21 Juli 2022

Tugas Bidang Marketing di Sebuah Perusahaan

Bidang marketing adalah salah satu bagian dari perusahaan yang punya peran penting untuk menentukan perusahaan tersebut akan mengalami kemajuan atau tidak. Tidak heran karena bidang marketing punya tugas untuk menghasilkan perusahaan.

Maka tidak heran jika ibarat susunan barisan perang maka bidang marketing termasuk dalam garis depan. Makin besar pemasukan yang diperoleh oleh perusahaan maka tentu perusahaan tersebut dapat dikatakan berkembang. Demikian juga sebaliknya.

Tugas Bidang Marketing di Sebuah Perusahaan

Walaupun begitu, tentu bidang marketing tidak dapat berdiri sendiri juga dalam sebuah perusahaan. Aktivitas apapun yang dilakukan dalam divisi marketing tentu punya hubungan dan kaitan dengan bagian lain di dalam perusahaan. Bagian-bagian lain dalam perusahaan tersebut adalah antara lain bagian sumber daya manusia, bagian produksi, riset, pengembangan, dan tentu bagian keuangan.

Tanpa adanya hubungan yang saling berkaitan dan berjalan beriringan antara semua bagian perusahaan tersebut, tentu bagian marketing pun tidak akan bisa melakukan tugasnya dengan baik.

Baca Juga : Iklan Tanpa Daftar, Mudah Tanpa Biaya 

Sebagai contoh, kaitan dengan bagian produksi maka tugas bagian marketing di sebuah perusahaan adalah untuk mengenal karakteristik produk yang notabene dikuasai oleh bagian produksi perusahaan. Tugas bagian marketing adalah untuk menyampaikan karakteristik produk tersebut ke publik.

Dalam bidang marketing sendiri masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Oleh karena itu, tugas bagian marketing sendiri bisa berbeda-beda tergantung dia masuk ke dalam bagian yang mana dalam divisi tersebut. Beberapa cabang yang ada dalam bidang marketing antara lain adalah bidang sales, promosi hingga komunikasi pemasaran.

Oleh karena itu, harus dipahami pula bahwa marketing dan sales tentu berbeda -tidak seperti pemahaman masyarakat selama ini yang rancu terhadap pemahaman tersebut. Kedua sistem tersebut punya dasar yang berbeda meski memang dalam satu lini yang sama.


Tugas Bidang Marketing

Setiap bagian yang ada dalam sebuah perusahaan tentu punya fungsi masing-masing sesuai dengan bagiannya. Walaupun memang secara umum pastinya setiap bagian tersebut punya tujuan yang sama demi membawa kemajuan dan perkembangan pada sebuah perusahaan. Namun Anda bisa mengingat ilustrasi seperti sepasang kaki yang jalannya tentu harus berbeda, ada yang di depan dan di belakang dan bahkan tidak pernah bertemu tapi punya tujuan yang sama. Nah bagian-bagian perusahaan tersebut pun hampir seperti itu. Mereka punya target masing-masing yang harus dicapai namun tentu dengan tujuan yang sama.

Untuk tugas bidang marketing sendiri dalam sebuah perusahaan, ada beberapa hal yang dapat kita perhatikan. Beberapa fungsi tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Merupakan bagian yang memperkenalkan perusahaan kepada publik masyarakat, lewat produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Peran inilah yang disebut sebagai bagian promosi dalam divisi marketing perusahaan.

Tugas bidang marketing adalah untuk menghasilkan pemasukan untuk perusahaan dengan cara menjualkan produk tersebut ke masyarakat. Peran ini disebut sebagai fungsi sales di bidang marketing .

Baca Juga : Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

Bidang marketing punya peran untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan masyarakat. Oleh karena itu, bidang marketing harus dapat berperan sebagai jembatan antara pihak perusahaan dengan lingkungan eksternal. Ini dilakukan sebagai perwujudan yang disebut sebagai marketing communication.

Bidang marketing punya tugas untuk menyerap informasi serta menyampaikannya pada pihak perusahaan. Informasi tersebut juga menyangkut segala sesuatu yang bermanfaat demi perkembangan dan peningkatan kualitas serta penjualan produk. Ini merupakan bagian tugas dari bidang riset dan pengembangan dalam divisi marketing.

Tertarik untuk terjun dalam tugas bidang marketing? Anda ingin masuk dalam bagian apa?

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel