Lakukan 8 Tips Ini Agar Jualan Pulsa Lebih Laris

MetroPaymentIndotama.com - Terdapat banyak cara serta tips yang dapat Anda laksanakan demi menggapai kesuksesan. Salah satunya ialah berbisnis. Bagi Anda yang saat ini jual pulsa pun perlu tips agar bisa lebih laris

Walaupun sekarang ini para penjual pulsa sudah menjamur di mana-mana. Tetapi, hal itu bukan berarti Anda tidak bisa sukses dalam bisnis tersebut. Maka dari itu, Anda harus mengetahui ilmunya terlebih dahulu agar lebih sukses.


Lakukan 8 Tips Ini Agar Jualan Pulsa Lebih Laris - Metro Reload CV. Metro Payment Indotama

Tips Jual Pulsa Agar Laris

Anda bisa mempelajari berbagai ilmu dasar mengenai bisnis dan pemasaran. Akan tetapi, tidak mesti dasar ilmu tersebut menjadi patokan dalam berbisnis. Maka dari itu, Anda perlu menyimak tips jual pulsa agar laris di bawah ini yang tentunya berbeda dengan teknik yang lain.


1. Tentukan Distributor Pulsa Terpercaya dan Terbaik

Sebelum menjual pulsa, Anda perlu melakukan riset distributor pulsa berkualitas tinggi dan terpercaya. Anda perlu mencari tahu lebih dalam tentang distributor pulsa tersebut. Pastikan Anda menghindari distributor yang sering gangguan dalam hal pengiriman pulsa. Sebab, tips jual pulsa agar laris adalah pesanan pelanggan harus cepat terkirim.

Jangan sampai bisnis Anda dibanjiri dengan komplain pelanggan. Salah satu contohnya adalah pelanggan yang mengeluh pulsa yang dipesan belum masuk. Dampaknya adalah reputasi bisnis  Anda bisa menurun, karena pelanggan itu pasti menceritakannya pada orang lain. Dengan begitu, distributor yang terpercaya dan berkualitas pun bisa membantu Anda menghindari komplain.


2. Tetapkan Harga yang Sesuai

Tips jual pulsa agar laris selanjutnya adalah menetapkan harga produk Anda. Harga yang ditetapkan perlu disesuaikan berdasarkan biaya dari distributor serta harga pasaran yang berlaku. Anda dapat mematok harga yang lebih murah daripada penjual lainnya, tetapi pastikan pelayanan yang Anda berikan pun berkualitas.

Harga murah tentunya bisa sangat menarik perhatian pelanggan. Tetapi, jika pelayanan Anda tidak sesuai ekspektasi tentunya hal itu bisa menurunkan reputasi bisnis di hadapan para konsumen. Anda harus realistis dalam menetapkan harga. Tentukan pula biaya ongkos, listrik, dan lain sebagainya. Namun, intinya adalah pastikan harga dan layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang konsumen dapatkan.


3. Manfaatkan Sosial Media Untuk Jual Pulsa Agar Laris

TIdak perlu modal besar untuk memulai bisnis jual pulsa. Cukup dengan Rp50.000 sampai Rp100.000 sebagai modal awal, Anda sudah bisa menjalani usaha ini. Anda pun tidak perlu patah arang ketika belum memiliki toko atau konter fisik untuk berbisnis pulsa. Sebab, sekarang ini sosial media bisa Anda manfaatkan sebagai toko yang juga potensial.

Setiap orang sudah menggunakan internet dan sosial media. Sehingga, hal itu perlu dimanfaatkan dengan baik. Anda bisa menawarkan produk melalui berbagai sosial media. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu minder ketika ingin memulai bisnis jual pulsa tetapi masih belum memiliki kios.


4. Sempatkan Begadang Dalam Hari Tertentu

Anda pasti pernah mengalami kehabisan paket internet di malam hari, kemudian pulsa pun ikut habis. Sehingga, tidak bisa membeli paket internet. Satu-satunya cara adalah dengan membeli pulsa. Tetapi, sangat jarang ada kios pulsa yang buka di malam hari. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk bisa mendapatkan orderan.

Sempatkan untuk begadang dalam hari-hari tertentu, misalnya di akhir atau awal bulan ketika para pengguna internet mulai kehabisan pulsa dan paket internetnya. Dengan menawarkan secara online di sosial media pun memudahkan para konsumen dalam memesan. Secara tidak langsung, Anda pun bisa selangkah lebih maju ketimbang pebisnis biasanya.


5. Beri Diskon dan Promo Untuk Pelanggan Setia

Setiap bisnis pasti memiliki pelanggan setia yang selalu melakukan pemesanan secara rutin. Sebagai pebisnis, Anda pun tidak boleh melupakan hal itu begitu saja dan menganggap bahwa hal tersebut merupakan anugerah biasa. Tentu, Anda pun harus memberikan pelayanan tambahan bagi para pelanggan setia tersebut sehingga mereka pun tetap betah untuk membeli pulsa.

Anda bisa memberikan diskon atau promo tertentu untuk beberapa pelanggan setia Anda. Dengan begitu, pelanggan setia Anda akan merasa diistimewakan dengan pelayanan khusus dari bisnis Anda. Dampaknya pun bisnis Anda akan semakin bertambah reputasinya. Pelanggan setia itu tentunya akan membagikan hal tersebut kepada teman-temannya untuk membeli pulsa di bisnis Anda.


6. Jangan Memberi Utang ke Sembarang Orang

Pembeli yang membeli pulsa dengan cara utang tentu bisa menjengkelkan. Apalagi jika dia tidak membayar dalam jangka waktu yang lama, sehingga Anda pun mengalami kerugian. Maka dari itu, Anda pun harus bisa menghindari masalah tersebut, agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala apa pun.

Anda bisa saja memberikan utang kepada konsumen. Tetapi, Anda pun harus memilih konsumen yang tertib membayar utang. Dengan begitu Anda pun tidak akan mendapatkan kerugian. Misalnya, Anda bisa memberikan utang kepada teman dekat dengan riwayat tidak mangkir ketika ditagih atau selalu tepat waktu membayar utang. Hasilnya, bisnis Anda akan tetap sehat selalu.


7. Disiplin Mencatat Segala Pengeluaran dan Pemasukan

Meskipun tergolong usaha kecil, tetapi pencatatan keuangan tetap harus rapi dan tersistem. Dengan begitu, pebisnis bisa mengetahui kerugian dan keuntungan yang dihasilkan setiap periode tertentu. Disiplin pencatatan keuangan pun membuat pebisnis bisa mengidentifikasi pengeluaran yang ternyata tidak diperlukan agar lebih dikurangi. Dampaknya, bisnis Anda bisa lebih mantap dalam pemaksimalan keuntungan.

Embel-embel usaha kecil kerap membuat pebisnis lupa betapa pentingnya mencatat segala pengeluaran dan pemasukan. Padahal, saat ini sudah banyak aplikasi yang begitu memudahkan pebisnis dalam melacak pengeluaran dan pemasukan usaha. Anda bisa memanfaatkan aplikasi itu sebagai bahan analisis setiap bulan. Agar bisnis Anda pun tidak selamanya menjadi usaha kecil, dari setiap keuntungan Anda pun bisa mempersiapkan untuk mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Setiap usaha memang memiliki tantangan dan kendalanya masing-masing, tetapi dengan terus belajar dan menganalisis kondisi pasar sekarang ini, tentu bisa membuat bisnis semakin berkembang. Maka dari itu, Anda pun harus bisa peka terhadap kondisi lingkungan dan zaman. Terlebih, semakin berkembangnya zaman, perilaku masyarakat semakin berubah.


8. Peka Terhadap Zaman dan Kuat Menghadapi Kerugian

Tidak hanya itu, setiap bisnis pun pasti mengalami kerugian. Maka dari itu, Anda jangan patah arang ketika menghadapi kerugian. Anggap kerugian sebagai tantangan bagi Anda untuk terus mencari strategi terbaik supaya bisnis tetap berjalan dan menghasilkan keuntungan. Jadilah pebisnis yang tangguh yakni tetap kuat ketika menghadapi kerugian. Sebab, ketika bisa lepas dari kerugian, tentu akan ada sensasi tersendiri yang dirasakan.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisnis jual pulsa bisa semakin laris. Tentu tips ini tidak bisa mengubah bisnis Anda menjadi hebat dalam sekejap. Tetap perlu waktu, tenaga, air mata, dan semangat yang membara agar bisnis terus berjalan.